ELEMEN-ELEMEN MULTEMEDIA
1.
Pendahuluan
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan
teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam
dunia pendidikan
dan bisnis.
Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri. Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios informasi
dan pelatihan
dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya
mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks,
gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik
(gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai
memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi
yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Multimedia datang dalam berbagai
format. Hal ini dapat hampir apapun yang Anda dapat mendengar atau melihat
seperti teks, gambar, musik, suara, video, catatan, film, animasi, dan banyak
lagi.
Elemen multimedia (seperti suara
atau video) disimpan dalam file media.
Elemen multimedia juga memiliki format sendiri file
dengan ekstensi yang berbeda seperti. Swf, wmv,. Mp3,. Dan. Mp4.
1.1 Definisi
Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk
text, audio, grafik, animasi, dan video.
Definisi
Multimedia menurut beberapa ahli
- Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
- McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
- Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
- Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
- Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
- Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
1.2 Untuk Apa Multemedia(dibidang teknik
mesin).
Software
multimedia yang bernama cam studio di gunakan untuk membuat
tutorial autocad dan catia,dikatan multimedia apabila
mengandung 2 unsur indra dalam aplikasinya
misalkan membuat video tutorial catia
harus terdiri dari dua indra yang digunakan misalkan indra pengelihatam dan
pendengaran.
Lalu apa itu cam studio adalah sebuah software yang berguna untuk merekam semua
aktifitas kita di layar yang aktif sangat cocok jika kita gunakan untuk
membuat sebuah video tutorial dan samacamnya.CamStudio dapat merekam semua
layar dan semua aktivitas audio pada komputer kita juga mampu menciptakan
standar-industri file AVI video dan menggunakan built-in SWF Producer dapat
nonaktifkan Avis menjadi ramping, artinya, bandwidth-friendly Streaming video
Flash (SWFs).
Berikut adalah beberapa cara agar kita dapat menggunakan software ini:
* kita dapat menggunakannya untuk membuat video demonstrasi untuk setiap program perangkat lunak
* kita dapat menciptakan set video tanya jawab yang paling sering ditanyakan oleh seseorang sehingga dengan video tersebut orang yang bertanya dapat faham dengan jelas.
* kita dapat membuat video tutorial untuk sebuah pengajaran di sekolah atau perguruan tinggi
* kita dapat menggunakannya untuk merekam masalah operasional dengan komputer sehingga kita dapat menunjukkan orang dukungan teknis
* kita dapat menggunakannya untuk menciptakan produk-produk informasi berbasis video yang dapat kita jual * kita bahkan dapat menggunakannya untuk merekam trik baru dan teknik yang kita temukan di program perangkat lunak favorit kita, sebelum kita lupa akan trik yang kita temukan
Berikut adalah beberapa cara agar kita dapat menggunakan software ini:
* kita dapat menggunakannya untuk membuat video demonstrasi untuk setiap program perangkat lunak
* kita dapat menciptakan set video tanya jawab yang paling sering ditanyakan oleh seseorang sehingga dengan video tersebut orang yang bertanya dapat faham dengan jelas.
* kita dapat membuat video tutorial untuk sebuah pengajaran di sekolah atau perguruan tinggi
* kita dapat menggunakannya untuk merekam masalah operasional dengan komputer sehingga kita dapat menunjukkan orang dukungan teknis
* kita dapat menggunakannya untuk menciptakan produk-produk informasi berbasis video yang dapat kita jual * kita bahkan dapat menggunakannya untuk merekam trik baru dan teknik yang kita temukan di program perangkat lunak favorit kita, sebelum kita lupa akan trik yang kita temukan
CamStudio juga dapat menambahkan sebuah video/audio
yang berkualitas tinggi, sehingga anti-retakan (tidak ada patahan) layar pada
saat kita merekam sesuatu dalam hitungan detik dan dengan fitur unik Anotasi
Video kita bahkan dapat mempersonalisasi video kita dengan film webcam
diri sendiri "picture-in-picture" atas desktop kita.Dan
jika semua itu belum cukup, CamStudio juga dilengkapi dengan Lossless
Codec yang menghasilkan hasil yang jelas dengan kapasitas yang jauh lebih
kecil dibandingkan filesize dengan codec yang lebih populer lainnya, seperti
Microsoft Video .kita memiliki total kontrol atas output video kita. kita
dapat memilih untuk menggunakan kursor kustom, untuk merekam seluruh layar atau
hanya bagian dari itu dan dapat mengurangi atau meningkatkan kualitas rekaman
tergantung pada apakah kita ingin video yang lebih kecil (untuk mengirim email
kepada orang-orang, misalnya) atau kita dapat memiliki "kualitas
terbaik" yang untuk memburning/ membakar ke CD / DVD.
2.
Elemen-Elemen multemedia
Elemen –elemen multemedia terdiri dari 2 unsur yaitu unsur dinamik yang
terdiri dari benda-benda yang bergerak atau mengubah,
contoh Elemen : audio, video dan animasi. Dan terdiri dari unsur
statik yaitu benda-benda yang tidak bergerak, contoh Elemen : teks dan grafik
2.1 Text
teks adalah jenis datapaling asas serta menggunakan ruang storan paling sedikit
berbanding dengan elemen-elemen multimedia lain.
·
Teks digunakan untuk :
menerangkan bagaimana sesuatu aplikasi bekerja, membantu pengguna meneroka aplikasi, menyebarkan maklumat melalui aplikasi-aplikasi yang telah direka bentuk.
menerangkan bagaimana sesuatu aplikasi bekerja, membantu pengguna meneroka aplikasi, menyebarkan maklumat melalui aplikasi-aplikasi yang telah direka bentuk.
·
Dalam multimedia, penggunaan teks yang terlalu banyak tidak digalakkan.
·
Ini kerana teks tidak dapat pamerkan maklumat dengan menarik
·
Ini bukan bermakna teks tidak diperlukan langsung, tetapi teks hanya digunakan pada bahagian-bahagian yang penting sahaja.
Penggunaan teks dalam aplikasi multimedia
Berikut adalah beberapa garis panduan yang diperlukan semasa membangunkan sebuah aplikasi multimedia
yang melibatkan teks:
1.Ringkas tetapi padat
2.Penggunaan typeface dan font
yang bersesuaian.
3.Memastikan teks yang digunakan boleh dibaca.
4.Pemilihan gaya tulisan dan warna teks.
Untuk memberikan penekanan dan membezakan isi kandungan dengan bahagian lain pada paparan atau media cetak. Kontras antara aksara adalah penting menentukan kejelasan dan kebolehbacaan perkataan atau ayat.
5. Mengawal pemilihan font serta konsisten
Reka bentuk skrin tidak terlalu samak atau sukar dibaca.Pembangun seharusnya tidak
menggunakan terlalu banyak font, typeface,gaya dan warna.Perlu menekankan konsep konsistensi dalam penggunaan teks.
2.2 Grafik
adalah persembahan imageyang tidak bergerak seperti gambar, lukisan, lakaran,
gambar foto, ilustrasi dan sebagainya. sangat penting bagi memberi penekanan dalam proses penyampaian maklumat.Grafik mampu membantu menerangkan sesuatu maklumat dengan tepat dan berkesan.Grafik menjadikan sesuatu persembahan lebih menarik dan mampu memfokuskan perhatian pengguna terhadap maklumat yang ingin disampaikan.
Kepentingan grafik:
1.Meningkatkan penekanan sesuatu maklumat.
2. Menarik perhatian pengguna
3. Mengilustrasikan sesebuah konsep.
4. Bertindak sebagai latar belakang bagi sesuatu konsep.
2.3 AUDIO
Audio atau bunyi disebarkan oleh getaran molekul atau jirim udara disekeliling kita.Getaran dikenali sebagai gelombang bunyi.Kesan audio salah satu daya penarik yang berkesan untuk menarik perhatian seseorang.
Audio dalam multimedia ialah:
·
Rakaman suara
·
Suara latar
·
Musik
·
Kesan khas audio dll..
Dalam sistem multimedia interaktif, elemen audio membantu proses penyampaian persembahan agar lebih mantap dan berkesan.
2.4 VIDEO
Video adalah gabungan pelbagai media seperti:
·
Teks
·
Grafik
·
Audio dll dalam satu medium.
Video membawa unsur realistik atau keadaan sebenar kepada pengguna.
Ini dapat mempengaruhi perasaan emosi pengguna dengan lebih nyata.
·
Antara perkakasan yang digunakan ialah:
kamera video
kamera video
·
Camcoder (pita video)
·
Video capture card dll.
·
Manakala perisian video:
·
Adobe Premiere
·
Video Fusion
·
Ulead Media Pro dll.
2.5
Animasi
Animasi adalah gambar begerak
berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di
atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses
pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator
harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari
keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam
perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi
yang menarik untuk disaksikan.
Apabila kita perhatikan penjelasan
sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus
diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau juga Animasi merupakan suatu
teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan
adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi
gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton
sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai
makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat
dikatakan sebuah animasi.
Dalam bidang grafika pemodelan visual
dapat dikategorikan sebagai dua kelompok yaitu pemodelan geometrik dan
pemodelan penampilan (appearance). Pemodelan geometrik merupakan representasi
dari bentuk objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan penampilan membuat
representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. Contoh sifat visual
diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi di atas bahwa
sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan secara berurut
maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap waktu. Gambar dapat
didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris dan visual ataupun dapat
berupa citra. Pada gambar yang merupakan koleksi deskripsi, maka animasi
didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada perubahan
parameter-parameter dari deskripsi. Pada gambar yang merupakan citra, animasi
didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.
3. Kesimpulan
1. Menurut beberapa ahli definisi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi
2. Elemen –elemen multemedia terdiri
dari 2 unsur yaitu unsur dinamik yang terdiri dari benda-benda yang bergerak atau mengubah,
contoh Elemen : audio, video dan animasi. Dan terdiri dari unsur
statik yaitu benda-benda yang tidak bergerak, contoh Elemen : teks dan grafik
4.Daftar pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar