Senin, 21 April 2014

ELEMEN-ELEMEN MULTEMEDIA

ELEMEN-ELEMEN MULTEMEDIA
1.                  Pendahuluan
  Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Multimedia datang dalam berbagai format. Hal ini dapat hampir apapun yang Anda dapat mendengar atau melihat seperti teks, gambar, musik, suara, video, catatan, film, animasi, dan banyak lagi.
Elemen multimedia (seperti suara atau video) disimpan dalam file media.
Elemen multimedia juga memiliki format sendiri file dengan ekstensi yang berbeda seperti. Swf, wmv,. Mp3,. Dan. Mp4.


1.1       Definisi Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
  1. Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
  2. McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
  3. Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
  4. Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
  5. Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  6. Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
1.2       Untuk Apa Multemedia(dibidang teknik mesin).
            Software multimedia  yang bernama cam studio di gunakan untuk membuat tutorial autocad dan catia,dikatan multimedia apabila mengandung 2 unsur indra  dalam aplikasinya misalkan  membuat video tutorial catia harus terdiri dari dua indra yang digunakan misalkan indra pengelihatam dan pendengaran.
            Lalu apa itu cam studio adalah sebuah software yang berguna untuk merekam semua aktifitas kita di  layar yang aktif sangat cocok jika kita gunakan untuk membuat sebuah video tutorial dan samacamnya.CamStudio dapat merekam semua layar dan semua aktivitas audio pada komputer kita juga mampu menciptakan standar-industri file AVI video dan menggunakan built-in SWF Producer dapat nonaktifkan Avis menjadi ramping, artinya, bandwidth-friendly Streaming video Flash (SWFs).
Berikut adalah beberapa cara agar kita dapat menggunakan software ini:
* kita dapat menggunakannya untuk membuat video demonstrasi untuk setiap  program perangkat lunak
* kita dapat menciptakan set video tanya jawab yang paling sering ditanyakan oleh seseorang sehingga dengan video tersebut orang yang bertanya dapat faham dengan jelas.
 * kita dapat membuat video tutorial untuk sebuah pengajaran di sekolah atau perguruan tinggi
 * kita dapat menggunakannya untuk merekam masalah operasional dengan komputer sehingga kita dapat menunjukkan orang dukungan teknis
 * kita dapat menggunakannya untuk menciptakan produk-produk informasi berbasis video yang dapat kita jual  * kita bahkan dapat menggunakannya untuk merekam trik baru dan teknik yang kita temukan di program perangkat lunak favorit kita, sebelum kita lupa akan trik yang kita temukan

     
CamStudio juga dapat menambahkan sebuah video/audio yang berkualitas tinggi, sehingga anti-retakan (tidak ada patahan) layar pada saat kita merekam sesuatu dalam hitungan detik dan dengan fitur unik Anotasi Video kita bahkan dapat mempersonalisasi video kita dengan  film webcam diri sendiri "picture-in-picture" atas desktop kita.Dan jika semua itu belum cukup, CamStudio juga dilengkapi dengan  Lossless Codec yang menghasilkan hasil yang jelas  dengan kapasitas yang jauh lebih kecil dibandingkan filesize dengan codec yang lebih populer lainnya, seperti Microsoft Video .kita memiliki total kontrol atas output video kita.  kita dapat memilih untuk menggunakan kursor kustom, untuk merekam seluruh layar atau hanya bagian dari itu dan dapat mengurangi atau meningkatkan kualitas rekaman tergantung pada apakah kita ingin video yang lebih kecil (untuk mengirim email kepada orang-orang, misalnya) atau kita dapat memiliki "kualitas terbaik" yang untuk memburning/ membakar ke CD / DVD.

2. Elemen-Elemen multemedia
Elemen –elemen multemedia terdiri dari 2 unsur yaitu unsur dinamik yang terdiri dari benda-benda yang  bergerak atau mengubah, contoh Elemen :  audio, video dan animasi. Dan terdiri  dari unsur statik yaitu benda-benda yang tidak bergerak, contoh Elemen : teks dan grafik
2.1 Text
teks adalah jenis datapaling asas serta menggunakan ruang storan paling sedikit  berbanding dengan elemen-elemen multimedia lain.
·         Teks digunakan untuk :
 menerangkan bagaimana sesuatu aplikasi bekerja, membantu pengguna  meneroka aplikasi, menyebarkan maklumat melalui aplikasi-aplikasi yang telah direka bentuk.
·         Dalam multimedia, penggunaan teks yang terlalu banyak tidak digalakkan.
·         Ini kerana teks tidak dapat pamerkan  maklumat dengan menarik
·         Ini bukan bermakna teks tidak diperlukan langsung, tetapi teks hanya digunakan pada bahagian-bahagian yang penting sahaja.
Penggunaan teks dalam aplikasi multimedia
Berikut adalah beberapa garis panduan yang diperlukan semasa membangunkan sebuah aplikasi multimedia yang melibatkan teks:
1.Ringkas tetapi padat
2.Penggunaan typeface dan font yang bersesuaian.
3.Memastikan teks yang digunakan boleh dibaca.
4.Pemilihan gaya tulisan dan warna teks.
Untuk memberikan penekanan dan membezakan isi kandungan dengan bahagian lain pada paparan atau media cetak. Kontras antara aksara adalah penting menentukan kejelasan dan kebolehbacaan perkataan atau ayat.
5. Mengawal pemilihan font serta konsisten Reka bentuk skrin tidak terlalu samak atau sukar dibaca.Pembangun seharusnya tidak  menggunakan terlalu banyak font, typeface,gaya dan warna.Perlu menekankan konsep konsistensi dalam penggunaan teks.

2.2       Grafik 
adalah persembahan imageyang tidak bergerak  seperti gambar, lukisan, lakaran,  gambar foto, ilustrasi dan  sebagainya. sangat penting bagi memberi penekanan dalam proses penyampaian maklumat.Grafik mampu membantu menerangkan sesuatu maklumat dengan tepat dan berkesan.Grafik menjadikan sesuatu persembahan  lebih menarik dan mampu memfokuskan perhatian pengguna terhadap maklumat yang ingin disampaikan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIUyLQ_-O5UPPfONVd_CdslYCrQRuXfjkIn9_j8cP_8ggrU5Z2g29GgyFk7uTuDSNlp3nh9PZ2Ctool-CHx-vrk0wXXVGsDt3JAmRLjxO652bBlVeO3ow6Ls-q1E_BeHN9rkQbOG0EWvRs/s200/10b.jpg


Kepentingan grafik:
1.Meningkatkan penekanan sesuatu maklumat.
2. Menarik perhatian pengguna
3. Mengilustrasikan sesebuah konsep.
4. Bertindak sebagai latar belakang bagi sesuatu konsep.

2.3 AUDIO
Audio atau bunyi disebarkan oleh getaran molekul atau jirim udara disekeliling kita.Getaran dikenali sebagai gelombang bunyi.Kesan audio salah satu daya penarik yang berkesan untuk menarik perhatian seseorang.

Audio dalam multimedia ialah:
·         Rakaman suara
·         Suara latar
·         Musik
·         Kesan khas audio dll..
Dalam sistem multimedia interaktif, elemen audio membantu proses penyampaian persembahan agar lebih mantap dan berkesan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjETGuPWbLU4zAVpuH-wYuMM_88S-Qgz-XVWWU1lkC22o6-msPu3YWxSYYUh4r8ON0N0ts3tEDn4PLrySIrIl3Wsyj3vpwx8cGUaUrG0-uJ7i-m0jUzmIVQM4RgelvAegIcOuoM7a6Z8PNa/s320/12b.jpg

2.4       VIDEO
Video adalah elemen multimedia yang paling    dinamik   dan  realistik berbanding   elemen-elemen lain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7ak9gErM9Qyx7fSScslAf47XjLAuJE1t7Sj4Wc7Y1hJvD32ohZIGjKWxYEs8H8KXtU8Bb9SNpdhXXRp0Ih6btKiT1x0pTLailejO72OXOBfT-1eR-SGRaYyzct5j4N98OnMon65XdZVWj/s320/13b.jpg


Video adalah gabungan pelbagai media seperti:
·         Teks
·         Grafik
·         Audio dll dalam satu medium.

Video membawa unsur realistik atau keadaan sebenar kepada pengguna.
Ini dapat mempengaruhi perasaan emosi pengguna dengan lebih nyata.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVypHvGW63awA32EgTdPP9WYj56QMFhyZP-HyBLDlysQxmcNRFVdRVDTJbjzNoiH4IxN4QN-cNCysUAETjLDrQrMVEL34BlzxqQQnwIaUloO88fz4lTHg7OzHJ4WqGlV6iVutvpayb76AO/s200/14b.jpg

·         Antara perkakasan yang digunakan ialah:
 kamera video
·         Camcoder (pita video)
·         Video capture card dll.
·         Manakala perisian video:
·         Adobe Premiere
·         Video Fusion
·         Ulead Media Pro dll.

2.5  Animasi
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
KARYA MUHAMMAD IBAL
Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.
Dalam bidang grafika pemodelan visual dapat dikategorikan sebagai dua kelompok yaitu pemodelan geometrik dan pemodelan penampilan (appearance). Pemodelan geometrik merupakan representasi dari bentuk objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan penampilan membuat representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. Contoh sifat visual diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi di atas bahwa sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan secara berurut maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap waktu. Gambar dapat didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris dan visual ataupun dapat berupa citra. Pada gambar yang merupakan koleksi deskripsi, maka animasi didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada perubahan parameter-parameter dari deskripsi. Pada gambar yang merupakan citra, animasi didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.
3. Kesimpulan
1. Menurut  beberapa ahli definisi   Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi
2. Elemen –elemen multemedia terdiri dari 2 unsur yaitu unsur dinamik yang terdiri dari benda-benda yang  bergerak atau mengubah, contoh Elemen :  audio, video dan animasi. Dan terdiri  dari unsur statik yaitu benda-benda yang tidak bergerak, contoh Elemen : teks dan grafik

4.Daftar pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar